Kamis, 06 Januari 2011

JURNAL: Perancangan Screw Press Machine Biji Jarak Dengan Variasi Helix Angle dan Screw Pitch

ABSTRAK: Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan kenaikan harga BBM yang terjadi di Indonesia akibat melonjaknya harga minyak dunia, memicu pemerintah untuk mulai menggali sumber-sumber energi alternatif. Sumber energi baru yang ramah lingkungan salah satunya adalah Biodiesel. 

Sumber bahan baku biodiesel yang sangat berpotensi adalah minyak biji jarak. Namun, pemerintah maupun industri kecil masih kesulitan cara mengeluarkan minyak jarak dari bijinya. Oleh karena itu, perlu dibuat alat pengepress biji jarak yang mampu mengeluarkan minyak secara maksimal (sebanyak-banyaknya). Dalam penelitian dan perancangan ini dibangun sistem pengepresan dengan mengintegrasikan kinerja antara single screw dan double screw. Selain itu juga dilakukan perancangan crusher untuk mengaduk biji jarak yang masih berada dalam hopper. Hal ini dapat berfungsi sebagai pengepresan awal pada screw press.

Untuk mengeluarkan minyak biji jarak secara optimal ditambahkan komponen pemanas yang akan membantu dalam peluluhan minyak. Proses dilakukan sampai tiga kali pengepresan. Dari hasil perancangan didapatkan suatu alat pengepress biji jarak yang efisien serta mudah dalam pengoperasian dengan daya total yang dibutuhkan sebesar 3,237 kW. Kapasitas alat yang diciptakan sebesar 50 kg biji jarak/jam. Dengan pembuatan mesin pengepress ini diharapkan dapat mengeluarkan minyak jarak dari bijinya secara maksimal.

Kata kunci: Single screw, Double screw, Hopper, Biji Jarak, Crusher
teks lengkap >>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar