Selasa, 11 Januari 2011

JURNAL : Komposisi dan Kandungan Pigmen Utama Tumbuhan Taliputri Cuscuta australis R.Br. dan Cassytha filiformis L.

ABSTRAK: Penelitian tumbuhan taliputri telah dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa komposisi dan kandungan pigmen utama tumbuhan Cuscuta australis R.Br. dan Cassytha filiformis L. Komposisi pigmen utama dianalisa menggunakan metode KLT berdasarkan warna totol dan nilai faktor retardasi. Kadar air tumbuhan taliputri diukur menggunakan metode Sudarmadji dkk. 

Kandungan klorofil dihitung berdasarkan persamaan Porra dkk., sedangkan kandungan karotenoid menggunakan persamaan Gross. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan Cuscuta australis R.Br. (hijau kekuningan dan orange) dan Cassytha filiformis L. (hijau dan coklat kemerahan) mempunyai komposisi pigmen utama yang sama yaitu karoten, feofitin a, klorofil a, klorofil b dan ksantofil. Rata-rata kandungan klorofil dari yang tertinggi sampai yang terendah adalah Cassytha filiformis L. hijau diikuti oleh Cuscuta australis R.Br. hijau kekuningan kemudian orange, sedangkan total klorofil Cassytha filiformis L. coklat kemerahan relatif sama dengan tumbuhan taliputri lainnya.

Rata-rata kandungan karotenoid dari yang tertinggi sampai yang terendah adalah Cuscuta australis R.Br. orange diikuti oleh Cuscuta australis R.Br. hijau kekuningan kemudian Cassytha filiformis L hijau relatif sama dengan Cassytha filiformis L. coklat kemerahan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar