Minggu, 09 Januari 2011

JURNAL : Minimisasi Limbah pada Industri Pulp dan Kertas

ABSTRAK : Minimisasi limbah dimaksudkan untuk mengurangi jumlah limbah yang dibuang ke lingkungan dalam rangka produksi bersih. Minimisasi limbah pada industri pulp dan kertas dilakukan dengan menambah unit disc filter yang berfungsi untuk menangkap serat yang lolos bersama limbah cair. 

Serat ini berasal dari proses produksi yang hilang dan terbuang bersama limbah cair sebagai produk samping. Serat yang tertangkap oleh unit disc filter dapat digunakan kembali sebagai bahan baku pulp dan kertas. Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk memaksimumkan kinerja disc filter, yaitu menghasilkan tangkapan serat sebanyakbanyaknya. Pengaturan dilakukan terhadap kecepatan putaran disc filter dan bukaan katup sweetener (serat pemancing). Hasil yang diperoleh adalah kecepatan putaran disc filter 0,2 rpm dan bukaan katup sweetener 20% hingga 25% menghasilkan jumlah tangkapan serat sebesar 98% dari jumlah serat produk samping dan serat yang terbawa limbah cair adalah 0,48% dari kapasitas produksi.

Kata kunci: minimisasi limbah, produksi bersih, industri pulp dan kertas
teks lengkap >>

1 komentar:

  1. Ini adalah Bpk. Benjamin yang menghubungi rincian Email, lfdsloans @ outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Atau Whatsapp 1 989-394-3740 yang membantu saya dengan pinjaman 90.000,00 Euro untuk memulai bisnis saya dan saya sangat bersyukur, sangat sulit bagi saya di sini untuk mencoba membuat hal-hal sebagai ibu tunggal tidak mudah dengan saya tetapi dengan bantuan Le_Meridian memberikan senyum di wajah saya ketika saya melihat bisnis saya tumbuh lebih kuat dan berkembang juga. Saya tahu Anda mungkin terkejut mengapa saya meletakkan hal-hal seperti ini di sini tetapi saya benar-benar harus mengucapkan terima kasih jadi siapa pun yang mencari bantuan keuangan atau melalui kesulitan dengan bisnis yang ada atau ingin memulai proyek bisnis dapat melihat hal ini dan memiliki harapan untuk keluar dari kesulitan..Terima Kasih.

    BalasHapus