Sabtu, 05 Februari 2011

Agroindustri Pengolahan Produk Bunga dan Daun Kering

Pada pengolahan produk bunga ataupun daun kering, digunakan formula bahan pengawet (Floraquit), yang diberikan dengan cara perendaman pada pangkal tangkai bunga ataupun daun sepanjang +10 cm.

Formula bahan pengawet Floraquit berguna untuk mengisi ruang atau mengganti air yang hilang pada saat proses pengeringan, dan sekaligus sebagai bahan pewarna, yang akan diserap secara osmosis ke dalam jaringan tangkai bunga/daun dari tanaman.

Proses perendaman dilakukan sampai terlihat warna yang dikehendaki terserap secara merata pada bagian permukaan bunga ataupun daun. Proses perendaman ini membutuhkan waktu selama 3 – 4 hari dan pada beberapa jenis daun dapat mencapai 10 hari.

Bunga/daun yang telah selesai diberi formula pengawet, dikeringkan dalam oven pada suhu 50̊̊ - 70̊ C selama 4 – 21 jam.

Selanjutnya dilakukan proses pemantapan warna/tekstur dengan menggantung tangkai bunga/daun secara terbalik di dalam ruang bersuhu 20̊ - 25̊ C selama 24 jam.

Untuk jenis rumput-rumputan, pengeringan dapat dilakukan secara alami dengan digantung terbalik dan dikeringanginkan dalam ruang 20̊- 25̊ C (suhu ruang ber-AC) ataupun ruang biasa (27̊-30̊ C).

Diagram Alir Proses Pengolahan Produk Bunga/Daun Kering

Sumber :
  • Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Bogor

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar